STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBANGUN SIKAP RELIGIUS SISWA DI SMA ISLAM TERPADU AR-RAHMAN
DOI:
https://doi.org/10.63761/jiel.v4i1.105Keywords:
manajemen pendidikan karakter, sikap religius, sekolah Islam Terpadu, strategi pendidikan, pembinaan akhlakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi manajemen pendidikan karakter dalam membangun sikap religius siswa di SMA Islam Terpadu Ar-Rahman. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi implementasi strategi pendidikan karakter melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen pendidikan karakter di SMA Islam Terpadu Ar-Rahman melibatkan integrasi nilai-nilai karakter dalam kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler berbasis keagamaan, dan pembinaan akhlak melalui contoh langsung dari pendidik. Siswa aktif berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan seperti shalat berjamaah dan pengajian, yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam sikap religius mereka. Keberhasilan strategi ini didukung oleh komitmen manajemen sekolah, partisipasi guru, dan dukungan orang tua, meskipun terdapat tantangan seperti resistensi siswa dan keterbatasan sumber daya. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang praktik terbaik manajemen pendidikan karakter dan memberikan rekomendasi praktis untuk sekolah-sekolah yang ingin mengimplementasikan strategi serupa.
References
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Glock, C. Y., & Stark, R. (1965). Religion and Society in Tension. Chicago: Rand McNally.
Sergiovanni, T. J. (2001). The Principalship: A Reflective Practice Perspective. Boston: Allyn and Bacon.
Bryk, A. S., & Schneider, B. (2002). Trust in Schools: A Core Resource for Improvement. New York: Russell Sage Foundation.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Samsul Maarif. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: LKIS.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.









