ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL DI LAMPUNG

Authors

  • Untung Sunaryo Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.63761/jiel.v2i2.104

Keywords:

strategi pemasaran, pendidikan Islam, lembaga pendidikan, Lampung, segmentasi pasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang efektif di lembaga pendidikan nonformal dalam menarik minat dan partisipasi masyarakat terhadap pendidikan Islam di Lampung. Lembaga pendidikan nonformal, seperti pesantren, madrasah diniyah, dan lembaga kursus agama, memiliki peran penting dalam memberikan pendidikan agama yang fleksibel dan inklusif. Namun, mereka menghadapi tantangan besar dalam bersaing dengan lembaga pendidikan formal dan nonformal lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan wawancara mendalam dengan pengelola lembaga, observasi langsung, dan analisis dokumen. Selain itu, survei dilakukan untuk mendapatkan pandangan dan umpan balik dari masyarakat mengenai efektivitas strategi pemasaran yang telah diterapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga pendidikan nonformal di Lampung telah melakukan segmentasi pasar yang tepat, menetapkan target pasar yang jelas, dan menciptakan diferensiasi yang kuat. Penggunaan metode pengajaran inovatif, pengembangan kurikulum yang relevan, serta penyediaan fasilitas unggulan menjadi faktor penting dalam menarik minat masyarakat. Strategi promosi yang efektif meliputi penggunaan media sosial, kerjasama dengan masjid dan komunitas Islam, serta penyelenggaraan event dan seminar. Evaluasi secara berkala dan pengembangan strategi berkelanjutan menjadi kunci keberhasilan lembaga-lembaga ini dalam meningkatkan partisipasi masyarakat.

Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran yang tepat dan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan dan persaingan di sektor pendidikan nonformal. Dengan pendekatan yang terstruktur dan fokus pada kebutuhan pasar, lembaga-lembaga pendidikan nonformal di Lampung dapat memperkuat posisi mereka dan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan Islam di daerah tersebut.

References

Ali, M. (2018). Manajemen Pemasaran Pendidikan: Teori dan Praktik di Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Basrowi & Juariyah. (2010). Pendidikan Nonformal di Indonesia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

A. (2014). Pemasaran Jasa Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Utomo, S. (2017). Strategi Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Semarang: UIN Walisongo Press.

Wijaya, A. F. (2015). Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2022-12-31