IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PERSAINGAN USAHA PERCETAKAN

Authors

  • Muhammad Ismail STIS Darul Ulum Lampung Timur, Lampung, Indonesia
  • Ardi Megantoro STIS Darul Ulum Lampung Timur, Lampung, Indonesia
  • Rizal Lutfi Aziz Mahasiswa Ekonomi Syari’ah, STIS Darul Ulum Lampung Timur, Lampung, Indonesia

Keywords:

Etika, Bisnis Islam, Persaingan Usaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui implementasi etika bisnis Islam terhadap persaingan usaha percetakan. Metode penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan bidang studi literatur (literature review). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan sumber artikel berbentuk jurnal dan prosiding terdahulu yang relevan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa usaha di bidang percetakan penerapannya telah berupaya menyesuaikan dengan etika bisnis Islam, namun beberapa kasus kurangnya pemahaman ekonomi syariah yang baik dan benar dari pihak instansi maupun pengguna, hal ini menyebabkan adanya keraguan terhadap implementasi prinsip syariah Islam pada percetakan tersebut..

References

Arief Furchan, A. M. (2005). Studi Tokoh Metode Penelitian Mengenai Tokoh. Jurnal Pustaka Pelajar, 15.

Arinda Firdianti. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. GRE Publishing.

Azizah, M. (2020). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Daring Di Toko Online Shopee. Fakultas Syariah, 10(1), 83–96.

B.N. Marbun. (2003). Kamus Manajemen. Pustaka Sinar Harapan, 276.

Didi Sukardi et.al. (2018). Analisis Hukum Islam Terhadap Persaingan Usaha Home Industry Tape Ketan Cibeureum. Al-Mustashfa Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam, 3, 194.

Iwan Apriyanto, dkk. (2020). Etika & Konsep Manajemen Bisnis Islam. Deepublish, 42.

Kemenag RI. (2009). Al-Qur’an Terjemah.

Lukman Fauroni. (2006). Etika Bisnis Dalam Al-Qur’an. Pustaka Pesantren, 9.

Miraza, B. H. (2004). Manajemen Bisnis. 24.

Mudrajad Kuncoro. (2005). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif.

Muhammad Ali. (2017). Kebijakan Pendidikan Menengah dalam Perspektif Governance di Indonesia. UB Press, 51.

Muhammad Djakfar. (2019). Etika Bisnis Islam.

Mustafa Kamal Rokan. (2012). Hukum Persaingan Usaha. 36.

Qanitah An Nabila A’yun, Nafisah Maulidia Chusma, Cindy Nurul Aulia Putri, F. N. L. (2021). Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Online Pada E-COMMERCE POPULAR di Indonesia. Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 1.

Rini Elpa Sari. (2021). ETIKA PERSAINGAN ANTAR PENGUSAHA PERCETAKAN PERSPEKTIF ETIKA BERSAING DALAM ISLAM (Studi Percetakan di Jalan Merapi Raya Kelurahan Tebeng Kota Bengkulu).

Suhasril dan Makarao, M. T. (2010). Hukum Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat di Indonesia. Ghalia Indonesia, 149.

Suminto, A. (2020). Etika Kegiatan Produksi: Perspektif Etika Bisnis Islam. Islamic Economics Journal, 6(1), 123. https://doi.org/10.21111/iej.v6i1.4387

Published

2023-05-31