ANALISIS EDUKASI AYO HIJRAH BANK MUAMALAT KCP MADIUN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MASYARAKAT DESA TEMBORO TERHADAP PENTINGNYA MENABUNG (Studi Kasus Program Sosialisasi Bank Muamalat KCP Madiun)
Keywords:
Edukasi Ayo Hijrah, Pentingnya Menabung, Masyarakat DesaAbstract
Kurangnya pemahaman masyarakat Desa Temboro dan tidak tersedianya bank syariah diwilayah desa tersebut menjadi kendala bagi masyarakat yang memiliki berbagai macam paradigma yang muncul yang berkaitan dengan bank syariah dan bank konvensional. Persepsi yang positif berupa kemudahan untuk bertransaksi ataupun yang negative berupa bertransaksi di bank itu riba.[1] Berbagai macam paradigma yang muncul dari kalangan masyarakat sehingga hal yang demikian membuat Bank Muamalat KCP Madiun melakukan edukasi langsung ke desa Temboro. Selain itu. Salah satu yang menjadi faktor pendukung bagi bank Muamalat KCP Madiun dalam menggapai sasaaran yaitu lokasi yang strategis sehingga memiliki potensi yang besar dalam mencapai sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dari bentuk edukasi ayo hijrah Bank Muamalat KCP Madiun dalam memperkenalkan produk bank syariah dan meningkatkan pemahaman kepada masyarakat.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pimpinan, karyawan, dan nasabah Bank Muamalat KCP Madiun, dan dokumentasi berupa data yang mendukung penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari pelaksanaan kegiatan edukasi ayo hijrah Bank Muamalat KCP Madiun berupa edukasi langsung, edukasi tidak langsung atau perantara, brosur dan postingan media sosial. Sehingga hasil yang diperoleh warga desa Temboro mampu mengenal produk-produk bank syariah salah satu produk bank Muamalat KCP Madiun. Disamping itu bank juga mengalami peningkatan pada jumlah rekening tabungan yaitu pada tabungan ib hijrah dan mengalami peningkatan jumlah nasabah dari masyarakat pedesaan berupa nasabah haji dan yang lainnya.
References
Adam, Muhammad. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: CV ALFABETA. 2015.
Antonio, M. S. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani., 2001.
Antonio, Muhammad Syafi’I. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani. 2001..
Cahya, Inung. Menulis Berita di Media Massa. Yogyakarta: PT. Citra Aji Pratama, 2018
George Ritzer. Sosiologi Ilmu Berparadigma Ganda. Jakarta: PT Rajawali Press, 2001.
Kotler, Philip dan Amstrong ,G. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta; Erlangga, 1997.
Kotler, Philip dan Susanto, A.B. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: PT Salemba Emban Patria. 2001.
Kotler, Philip. 2010. Manajemen pemasaran.Edisi tiga belas Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 2. Jakarta : Erlangga.
M. Nur, Rianto. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung: Alfabeta,Manajerial dan Kewirausahaan, Volume I No. 3/2019 Hal: 600-608, 2010.
Mawardi. Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Budaya Dasar. Bandung: Cv Pustaka Setia, 2009.
Rianto, N. Pengantar Ekonomi Syariah, Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia, 2015.
Sudijono, Anas, Pengantar Evaulasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta. 2013.
Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia. 2016. PEMASARAN, Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI.
Cahyono, Sutris dan Fitria. Optimalisasi Edukasi Pengenalan Produk dan Akad dalam Perbankan Syariah. Skripsi. 2022.
Firlianda, Fathya. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Menabung Pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.” Skripsi .Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019
Juwita, Eva. “Analisis Segmentasi Pasar Bank Muamalat KCP Madiun Terkait Produk Tabungan Hijrah Rencana pada Masa Pandemi Covid -19.” Skripsi. Ponorogo: IAIN Ponorogo, 2021
Karim, Kasnaeny dan Dani, Ibrahim. Edukasi dan Pengenalan Produk dan Jasa Perbankan Syariah Pada Kelompok Ibu Rumah Tangga di Desa Paddinging Kabupaten Takalar. 2021.
Mardiana, Sri. Sosialisasi Dan Penyuluhan Tentang Pentingnya Menabung Bagi Generasi Muda Khususnya Siswa Madrasah Tsanawiyah MTS Mathlaul Anwar Pamulang. 2020.
Putri Kurnia Duwy, Melda Kristiya. Faktor Terhadap Minat Nasabah Tabungan Hijrah Dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking Muamalat Pada Kantor Cabang Pembantu Nganjuk, Skripsi. Ponorogo: IAIN Ponorogo, 2. 2021.
Rahmatullah, Nur. “Motivasi Menabung Masyarakat di Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang.” Skripsi. Parepare: IAIN Parepare, 2020.
Rahmawati, Azizah. Strategi Promosi Berbasis Edukasi , Studi Pada Bank Muamalat KCP Ponorogo, 2019.
Waluyo, Bambang, Sylvia Rozza, dan Sujarwo. Model Edukasi Berdasarkan Segmentasi Konsumen Untuk Membangun Minat Masyarakat pada Perbankan Syariah.” Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora, Volume 20, Nomor 3, (November 2018), 260–268.
https://www.bankmuamalat.co.id/profil-bank-muamalat diakses 20 April 2023
Downloads
Published
Versions
- 2023-06-30 (2)
- 2023-06-30 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lu’lu’ill Maknuun, Moh. Ichiyak Ulumuddin, Indri Ratna Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.