IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Ade Wawan Institut Agama Islam (IAI) An Nur Lampung, Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.63761/jiel.v2i2.64

Keywords:

Pendidikan, Karakter, Lembaga Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan karakter atau pendidikan watak muncul di Indonesia di tengah-tengah sistem pendidikan Islam yang diterima oleh Masyarakat muslim dengan karakter-karakter yang dirumuskan sebagai penguat terhadap pendidikan Islam sehingga pendidikan karakter pada hakikatnya adalah ruh dalam pendidikan Islam. Pendidikan Islam memiliki ruang lingkup yang jelas dan terperinci. Ruang lingkup tersebut merupakan komponen yang satu sama lain saling keterkaitan, tak dapat dipisahkan sehingga membentuk sebuah sistem. Eksistensi pendidikan Islam tidak hanya ditentukan dengan bagus atau tidaknya salah satu komponen melainkan semua komponen berjalan searah demi terciptanya pendidikan Islam di manapun dan sampai kapanpun. Sekolah atau lembaga pendidikan sebagai salah satu basis dalam pengembangan pendidikan karakter harus dapat mengimplementasikan pendidikan karakter pendekatan holistis, yaitu mengintegrasikan perkembangan karakter ke dalam setiap aspek kehidupan sekolah dengan menggunakan berbagai pendekatan. Disini dibutuhkan keseriusan seluruh komponen yang ada.

References

Ancok, Djamaludin dan Fuat Nashori Suroso. 1995. Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Berkowitz, Marvin W. and Melinda C. Bier. 2004. Research Based Character Education. The ANNALS of the American Academy of Political and Social Science 2004 Force Academy and a professor of psychology at Marquette University.

Hitipeuw, Immanuel dan Raka Joni. 2010. Wawasan Pendidikan Makro Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang

Lickona, Thomas. 1994. Raising Good Children, New York. Used by permission for one year from Random House. pp. 11-15, A Bantam Book.

Lickona, Thomas dkk. (tt). Eleven Principles of Effective Character Education.

Megawangi, Ratna. 2007. Character Partenting Space. Read! Publising House Bandung: Mizan

Ryan, Kevin. 2002. The Six E’s of Character Education, Center for the Advancement of Ethical and Character.

Sekretariat Diktoral Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional.2011. Mencari Karakter Terbaik dari Belajar Sejarah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Sekretariat Diktoral Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional.2011. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PKn. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional

Supriadi, Djudjun Djaenudin. 2009. Kerohanian dan Karakter BPK PENABUR. Jakarta. No. 25 THN. VII Tabloit Edisi Maret - April 2009

Supriadi, Djudjun Djaenudin. 2009. Program Pendidikan Karakter di Lingkungan BPK Penabur. Jakarta. No. 25 THN. VII Tabloit Edisi Maret - April 2009

Suryabrata, Sumadi. 1998. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

UUSPN No 20 Tahun 2003, Jararta: Diknas

Q-Anees, Bambang dan Adang Hambali. 2008. Pendidikan Karakter berbasis Al-Qur’an. Bandung: Simbiosa Rekatama.

Haris, Abdul Haris. 2017. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam.” Al-Munawwarah?: Jurnal Pendidikan Islam 9 (1): 64–82.

Priyanto, Adun. 2020. “Pendidikan Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6 (2). https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9072.

Rahman, Taufiqur, and Siti Masyarafatul Manna Wassalwa. 2019. “Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 4 (1): 1–14. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.175.

Siregar, Fauzan Ahmad. 2020. “Lembaga Pendidikan Islam Dalam Pendidikan Karakter.” Ziryab: Jurnal Pendidikan Islam 1 (2): 58–74.

Downloads

Published

2022-11-24