STUDI KOMPARATIF PENGUASAAN PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DITINJAU DARI ASPEK KEPRIBADIAN INTROVERT DAN EKSTROVERT DI MA HIDAYATUL MUBTADIIN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.63761/jiel.v2i2.61Keywords:
Penguasaan Pembelajaran, Kepribadian, Introvert, EkstrovertAbstract
Kepribadian adalah keseluruhan cara seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan indivisu lain. Kepribadian adalah sifat, watak atau watak yang dibedakan dari dalam diri seseorang yang bersumber dari bentukan yang diperoleh dari lingkungan sekitar sebagai keliarga dan juga bawaan sejak lahir. Ada dua tipe kepribadian yang umumnya dimiliki manusia, salah satunya akan secara alami melekat sebagai sifat atau karakteristik bawaan sejak lahir, yaitu Introvert dan ekstrovert. Penelitian ini akan mengulas fenomena siswa Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin kelas XI MIA 1 yang memiliki kepribadian Introvert dan kepribadian Ekstrovert di dalam menyenangi pembelajaran di madrasah . Untuk mengkaji fenomena tersebut, maka peneliti memiliki pendekatan yang penulis gunakan adalah enelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian didapat bahwa: (1) mata Pelajaran yang dominan diminati oleh peserta didik Introvert antara lain yaitu mata pelajaran yang bersifat hafalan, kesenian, dan keagamaan; (2) Sedangkan mata pelajaran yang dominan diminati oleh peserta didik Ekstrovert yaitu mata pelajaran yang bersifat ekspresif, analitis dan dialogis. (3) Perbedaan dan kesamaan peserta didik Introvert dan peserta didik Ekstrovert dalam menguasai pelajaran yang diberikan di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin sebenarnya dari segi perbedaanya: antara peserta didik Ekstrovert dan Introvert terletak dari cara mereka menerima ilmu, yang mana jika Ekstrovert lebih lebih condong meminati cara lisan dan komunikasi secara langsung antara peserta didik dengan pendidik dan pendidik dengan peserta didik lainnya. Sedangkan peserta didik Introvert lebih menguasai pelajaran dengan cara tidak langsung, melainkan dengan cara mengandalkan media komunikasi sebagai perantaranya
References
Aslamiyah, Nurul, Aris Supriyanto, Nasrudin Harahap, and Nurul Hidayati Murtafiah. “Kebijakan Pengambilan Keputusan Pimpinan Dilingkungan Pondok Pesantren Untuk Meningkatkan Kualitas Manajerial Pendidikan Formal.” Attractive?: Innovative Education Journal 4, no. 3 (October 12, 2022): 154–165. Accessed November 15, 2022. https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/view/471.
Hasan, Mustaqim, and Anita Anita. “Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Dan Kinerja Guru Di MA Al Ishlah Natar Dan MA Mathlaul Anwar Cinta Mulya.” At-Tajdid?: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam 6, no. 1 (June 28, 2022): 85–97. Accessed August 5, 2022. https://www.ojs.ummetro.ac.id/index.php/attajdid/article/view/2144.
Hasan, Mustaqim, Andi Warisno, Nasruddin Harahap, Nurul Hidayati Murtafiah, and Institut Agama Islam An Nur Lampung. “Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMP IT Wahdatul Ummah Kota Metro.” An Naba 5, no. 2 (November 11, 2022): 34–54. Accessed November 15, 2022. https://ejurnal.darulfattah.ac.id/index.php/Annaba/article/view/156.
Maksum. 1999. Madrasah Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Logos Wacana Ilmu
Muktar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi
Susanti, Natri. 2019. berpikir dan bertindak besar ala Ekstrovert. yogyakarta: psikologi corner
Urwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Zuharini dan Abdul Ghofir. 2004. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN Press









