Peran Maksimal Perpustakaan Sebagai Media Pendidikan Bagi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.63761/jiel.v2i1.53Keywords:
Perpustakaan, Media Pendidikan, SiswaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi perpustakaan dalam keseharian mahasiswa. Selain itu, peneliti berusaha menggunakan analisis deskriptif untuk merinci strategi dalam meningkatkan fungsi perpustakaan sebagai alat pengajaran. Administrasi perpustakaan yang profesional dan perpustakaan mutakhir, yang disediakan oleh institusi, sangat penting untuk keberhasilan setiap upaya perpustakaan untuk melayani siswanya semaksimal mungkin. Dalam penelitian ini, teknik tinjauan pustaka diterapkan untuk mengumpulkan data. Penelitian perpustakaan termasuk membaca dengan teliti publikasi cetak dan menggunakan sumber daya perpustakaan tambahan untuk mengisi kesenjangan pengetahuan. Hasil menunjukkan Perpustakaan merupakan bagian integral dalam memperkenalkan metode pengajaran yang inovatif. Program pendidikan yang mempromosikan literasi informasi harus segera dilaksanakan. Kemampuan untuk mengevaluasi secara kritis informasi yang ditemui dan untuk menciptakan pengetahuan sendiri tentang dunia di sekitar mereka sangat penting untuk keberhasilan di bidang apa pun atau di tingkat pendidikan apa pun, itulah sebabnya literasi informasi dianggap sebagai landasan proses pendidikan
References
Alfons, Taryadi. 2003. Indonesia Baru. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Anonim. 2006. School Library Management. Canada: Saschatcewan School
Bafadal, Ibrahim. 2001. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
Basuki, Sulistiyo. 1993. Materi Pokok Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.
Basuki, Sulistiyo. 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.
Clayton, Peter and G.E. Gorman. (2001). Managing Information Resources in libraries: Collection Management in Theory and Practice. London: Library Association Publishing.
Crow and Crow, 1956. Human Development and Learning, New York: American Book Company.
Darmono, 2001. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan, Bandung : Citra Aditya Bakti.
Hidayah, A., Widiastuti, N., & Aslamiyah, N. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Desa Sidoharjo Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan. Jurnal Mubtadiin, 7(02), 1-15.
Illich, I. 1969. Celebration of Awarness: a Call for Institution Revolution. USA:
Lasa. 2007. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jogyakarta: Pinus Book Pantheon Books.
Milburga, Larasati, et.all, 1986. Membina Perpustakaan Sekolah, Yogyakarta: Kanisius.
Perpustakaan Nasional RI. 2007. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tentang Perpustakaan
Saleh, Ibnu Ahmad. 2006. Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT. Hidakarya Agung.
Sedijoprapto, Endang I. 2001. Perpustakaan Khusus: Keberadaannya dalam Institusi serta Dasar-Dasar Pengelolaannya. Jakarta: CV. Maju Bersama.
Stueart, Robert D. dan Barbara B. Moran. 2002. Library and Information Center Management. Sixth edition. Westport, Connecticut: Libraries Unlimited.
Sulistyo Basuki. 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan.Jakarta: Gramedia Pustaka,
Sumardji. 1991. Perpustakaan Organisasi dan Tatakerjanya. Yogyakarta: Kanisius.
Supriadi, Dedi. 2000. Anatomi Buku Sekolah. Jogyakarta: Adi Cipta
Surachman, Arif. 2006. Manajemen Perpustakaan Sekola. Jogyakarta: UGM.
Sutarno, NS. 2004. Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Samitra Media Utama.
T. Morgan, Cliffort, 1971. Introduction to Psychology, Mc. Hill Book Company









