MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PENGGUNA PRIMER DI MADRASAH IBTIDAIYAH PESAWARAN LAMPUNG

Authors

  • Dede Sofian Permana Mahasiswa Pascasarjana Institut Agama Islam (IAI) An Nur Lampung, Lampung, Indonesia
  • M. Nasor Institut Agama Islam (IAI) An Nur Lampung, Lampung, Indonesia
  • Etika Pujianti Institut Agama Islam (IAI) An Nur Lampung, Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.63761/jiel.v2i2.42

Keywords:

Implementasi Manajemen, Mutu Pendidikan, Madarasah Ibtidaiyah

Abstract

Kinerja kualitas layanan yang baik diharapkan dapat memenuhi harapan  konsumen dan jika harapannya terpenuhi maka kepuasan masyarakat dapat terpenuhi baik dalam aspek bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, empati, dan jaminan yang merupakan indikator mutu layanan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Huffaz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aspek bukti fisik (tangibles), (2) aspek  empati (empathy), (3) Aspek reliability, (4) Aspek Daya tanggap  (responsiveness), dan (5) aspek Jaminan (assurance), di Madrasah Ibtidaiyah Darul Huffaz.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kulitatif dengan jenis deskriptif analisis. Dari data masing-masing dimensi mutu layanan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian  dianalisis menggunakan teknik triangulasi.

Hasil penelitian membuktikan bahwa: (1) Mutu layanan aspek bukti fisik (tangible) kersediaannya fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran, namun fasilitas perpustakaan dan ruang UKS serta mushola belum tersedia. Pihak Madrasah tetap memberikan layanan kesehatan dan sarana ruang baca dengan memanfaatkan ruang kelas yang tidak terpakai. Sedangkan untuk mengatasi ketiadaan mushola dengan melaksanakan praktek sholat di dalam kelas.  (2) Mutu layanan aspek empati (emphaty) ditunjukkan dengan adanya kepedulian pada pengguna jasa dalam hal ini siswa, adanya perhatian pada siswa yang memiliki tingkat kemampuan dibawah rata-rata.  (3) Mutu layanan aspek kehandalan (reliability) adalah dengan memberikan layanan yang sesuai dengan yang dijanjikan, setiap informasi yang disampaikan akurat dan tepat sasaran. (4) Mutu layanan aspek daya tanggap (responsiveness) pihak Madrasah Ibtidaiyah Darul Huffaz ditunjukan dengan kesediaan dan kemampuan membantu kesulitan yang dihadapi siswa serta merespon secara cepat setiap masukan baik kritik maupun saran. (5) Mutu layanan aspek jaminan (assurance) menciptakan kepercayaan dan memberikan jaminan kepada pelanggan bahwa tingkat keberhasilan proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Darul Huffaz dan output cukup memuaskan. Kompetensi guru yang memadai berdasarkan tingkat pendidikan dan kepegawaian. Jaminan yang diberikan seperti jumlah kelulusan mencapai seratus persen, jumlah lulusan yang diterima di sekolah lanjutan negeri serta kemampuan akademik yang menonjol

References

Abudi Nata, Manajemen Pendidikan, ( Jakarta Timur, Prenada Setia, 2003)

Ahmad Azhari, Supervisi Rencana Program Pembelajaran, Jakarta: Rian Putra, 2004

Ahmad Rohani, Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Pendidikan Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 1991

Akdon, Aplikasi Statistika, Prosedur Penelitian untuk Adminsitrasi Manajemen, Bandung : Dewa Ruchi, 2004

Algifari, Analisis Regresi, Kasus dan Solusi, Yogyakarta : BPFE1997

Ali Imron, Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Bangun Marhana, Wawancara dengan Orang tua Siswa, 21 Agustus, 2013.

Binti Maunah, Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktek, Yogyakarta: Teras, 2009

Charles Hoy,dkk, Improving Quality in Education, London: Kogan Page, 2000.

Darmanto, Administrasi Pendidikan, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2006

Dede Rosyada, Paradikma Pendidikan Demokratis. Jakarta : Prenada Media, Dennis P. Forcese, Stephen Richer, Soocial Research Methods,(New Jersey: Prentice h. l inc Englowood Cliffs, 1973

Departemen Agama RI,Al-Qur’an Traansliterasi Latin dan Terjemah Indonesia, Jakarta: PT. Suara Agung, 2009

Depdiknas, Kamus Besar Indonesia, Jakarta:Pusat Bahasa,2008

Direktorat Tenaga Kependidikan, Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesional Guru, Jakarta : Ditjen PMPTK, 2006

Drost, Sekolah Mengajar Atau Mendidik, Yogyakarta: Kanisius, 1998

E.Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kometensi,Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003

Edwar Sallis, Total Quality Management in Education, Yogyakarta: Irlisod, 2010 cet.IX

Gunawan, Administrasi Sekolah, Jakarta: Reneka Cipta, 1996

Gwynn, J.M, Theory and Practice of Supervision, New York: Dodd, Mead & Company, 1961

Habibatul, Yuli. Pujianti, Etika. Apriansyah, Dede, ‘Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa’, Jurnal Mubtadiin, 7.02 (2021), 5–24

Hadis, Abdul dan Nurhayati, Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2010

Hari Suderadjat, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK, Bandung : Cipta Lekas Garafika, 2005

Hendiyat Soetopo dan Wasty Soemanto, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: PT. Bina Aksara, 1988

Hendyat Soetopo, Pendidikan dan Pembelajaran, Malang: UMM Malang, 2005

I.Wayan AS, 8 Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Az-Zahra Books8, 2010

Junaiadi, Akh, Kepuasan Kerja Guru, Al-Fikrah Studi Kependidikan dan Keislaman, Ed.I, 2006

Kae H. Chung dan Leon C. Magginson, Organizational Behavior : Developing Managerial Skills (New York : Harper and Row Publisher, 2001)

Kartini Kartono, Pemimpin Dan Kepemimpinan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja RosdaKarya. 2005

M. Amin Thaib BR, Standar Supervisi Pendidikan Pada MTS, Jakarta : Depag RI, 2005

M. Iqbal, Hassan, Metode Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002

M. Ngalim Purwanto Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2009

Made Pidarta, Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Surabaya: Sarana Press, 1986.

Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2002

Maryono, Dasar-Dasar Dan Tekhnik Menjadi Supervesor Pendidikan, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2011

Moh Rifa’i, Supervisi Pendidikan, Bandung: Jemmars, 1982

Moh, As’ad, Psikologi Industri, Yogyakarta: Liberty, 1995

Muammad As-ad, Psikologi Industri, Yogyakarta: Liberty, 1999

Muhamad.A, Komunikasi Organisasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2001, Cet.4

Muhammad As-ad, Psikologi Industri, Yogyakarta: Liberty, 1999

Mulyadi, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Mutu, Malang: UIN-Maliki Press, 2010

Nana Saodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2007

Nanang Fatah, Landasan Manejemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996

Nasanius,Y. Kemerosotan Pendidikan Kita, Guru dan Siswa yang berperan besar bukan Kurikulum, Suara Pembaharuan (Online) http://www.suarapembaharuan. com/ news/ 081998/08Opini.

Oemar Hamalik, Administrasi dan Supervise Pengembangan Kurikulum, Bandung : Mandar Maju, 1992

Oemar Hamalik, Administrasi dan Supervise Pengembangan Kurikulum, Bandung: Mandar Maju, 1992

Oteng Sutisna, Administrasi Pendidikan, Dasar Teoristik untuk Praktek professional, Bandung : Angkasa , 1993

Piet A. Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2008

Rohiat, Manajemen Sekolah Teori dan Praktek, Bandung: PT. Refikka Adithama, 2009

Rusmini, Kompetensi Guru Menyongsong Kurikulum Berbasis Kompetensi, http://WWW.Indonesia.com/bpost/042003/22 Opini.

Soetjipto, Raflis Kosasi, Profesi Keguruan, Jakarta : Rineka Cipta, 1999

Stephen P. Robbins dan Timothy A. Judge, Organizational Behavior, 12nd ed. (New Jersey : Pearson Education, 2005), h. 23

Subari, Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Perbaikan Situasi Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 1994

Sudarwan Danim, Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2003

, Visi Baru Manajemen Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

, Profesi Kependidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &F, Bandung: Alfabeta, 2010

Suharsini Arikunto Prosedur Penelitian satu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

, Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1993

, Dasar- dasar Supervisi, Jakarta, Reneka, 2005

Sulistyorini, Hubungan antara Keterampilan Manejerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru, Jakarta : Rineka Cipta, 2001

Suryo Subroto, Dimensi-Dimensi Administrasin Pendidikan di Sekolah, (Jakarta : Bina Aksara, 1988

Sutrisno Hadi, Metodologi Research 1, Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada, 1985

Sutrisno Hadi, Metodologi Resarch, Yogyakarta: Andi Offset, 1991

Sri Benu Muslim, Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta, 2009

Syaiful Bahri Djamarah, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya : Usaha Nasional, 1994

Temp, A.Dele, Kinerja, Jakarta : PT. Gramedia Asri Media, 1992

The Liang Gie, Kamus Administrasi, Jakarta : Gunung Agung, 1972

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991

Uliyah, Taqwatul, ‘Pola Pendidikan Dalam Islam Pada Masa Khulafaurrasyidin’, Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 7.1 (2021), 216–29

Usman Nasir, Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Administrasi Pendidikan, Kuala: Universitas Syiah, 1998

Usman, Husaini, Manajemen Teori, Praktek Dan Riset Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2006

Wahyu Sumijo, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan teoritik dan permasalahannya, Jakarta:PT Raja Grapindo Persada, 2005.

Warisno, Andi, ‘Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Lulusan Pada Lembaga Pendidikan Islam Di Kabupaten’, Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 3.02 (2019), 99

Wijaya, C. Dan Rusyan A.T, Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994

Zahera Sy, Hubungan Konsep diri dan Kepuasan Kerja dengan Sikap Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Liberty, 1997

Zamroni. Meningkatkan Mutu Sekolah, Jakarta : PSAP Muhamadiyah, 2007

Artikel Pendidikan, Konsep Dasar MPMBM, http: www.dikdasmen.depdiknas.go.id, h. 8

Downloads

Published

2022-08-07