IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIS DARUL HUFFAZ KABUPATEN PESAWARAN
DOI:
https://doi.org/10.63761/jiel.v2i2.41Keywords:
Manajemen berbasis madrasah, Akidah AkhlakAbstract
Pembelajaran selama ini pendidik yang cenderung memperhatikan kelas secara keseluruhan, tidak perorangan atau kelompok, sehingga perbedaan individual kurang mendapat perhatian. Gejala yang lain terlihat dari pendidik dalam menggunakan strategi dan metode pembelajaran yang belum maksimal. Pembelajaran yang kurang memperhatikan perbedaan individual anak didasarkan pada keinginan pendidik, maka akan sulit untuk dapat menghantarkan anak didik kearah pencapaian tujuan pembelajaran. Masalah yang ditemukan di kelas dalam proses pembelajaran diantaranya peserta didik yang lambat belajar, prestasi belajar rendah, sifat ketergantungan, kurang respon dan kurang aktif.
Atas dasar permasalahan diatas maka rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini yaitu : Mengapa Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Aqidah Akhlak Di MIS Darul Huffaz Kabupaten Lampung Timur. Tujuan : mengetahui mengapa implementasi strategi pembelajaran aktif belum dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MIS Darul Huffaz . Penelitian ini adalah penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif atau mengevaluasi bagaimana implementasi strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan langkah-langkah reduksi data, display, verifikasi dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa belum meningkat kearah yang lebih baik karena faktor-faktor sebagai berikut: (1) Perhatian guru terhadap siswa yang tidak aktif masih kurang, (2) Guru kurang memahami potensi sebenarnya yang dimiliki siswa, sering mengukur kemampuan siswa menggunakan standar melebihi realitas, sehingga terkesan siswa harus bisa, (3) Kurang maksimalnya dalam memanfaatkan media yang mendukung kegiatan pembelajaran, (4) Guru masih lebih mendominasi kegiatan belajar-mengajar, (5) Bahasa yang digunakan guru kurang komunikatif, (6) Penjelasan tentang pedoman
References
ADIB, ABDUL, ‘Metode Pembelajan Di Pondok Pesantren’, Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di, 7.01 (2021), 232–46
Latifah, Ami, Andi Warisno, and Nur Hidayah, ‘Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di Ma Nurul Islam Jati Agung’, Jurnal Mubtadiin, 7.2 (2021), 107–8
Uliyah, Taqwatul, ‘Pola Pendidikan Dalam Islam Pada Masa Khulafaurrasyidin’, Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 7.1 (2021), 216–29
Anonimus, Kurikulum, Standar Kopetensi Madrasah Aliyah, Jakarta :Desember Agama RI, 2004.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakrtis, Jakarta, Rieneka Cipta, 1993.
B. Uno.Hamzah, Profesi Kependidikan (Problem, Soolusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia), Jakarta : BumiAksara 2007.
Bruce Joyce & Marsha Weil, Models of teaching, Englewood Cliffs New Jersey : Prentice-Hall Inc, 1997
Bruush, Tony dan Marianne, Leadership and Strategic Management in Education, London ; Paul Chapman, 200. Terj.Yogyakarta :Ircisod, 2016.
Departemen Agama, Standar kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), Serta model Pengembangan Silabus Madrasah Aliyah Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta : Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat Jendral Pendidikan Islam, 2007.
Departemen pendidikan nasional, UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional, Yogyakarta : Media Wacana 2003.
Depdiknas, manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah, buku 2, Jakarta : Depdiknas, 2001.
Diana, Tjibto, Fandidan Anatasia, Total Quality Mnajemen, Jakarta, Rosda Karya, 2001
Donald J.B., Logistiical Mnajemen, New York, Mac Millan Publishing Company 1986.
Hadi, Sutrisno.Statistik II, Yogyakarta : UGM Press, 1986.
Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung :Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan Remaja Rosdakarya, 2006.
Hasbullah, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1996
Huberman, Miles danMattew, Analisis Data Kualitatif. Tejr. Jakarta, UI – Press, 1984
Husaini Usman dan Purnomo Setiady, Metodoloogi Penelitiian Sosial, Jakarta : Bumi Aksara, 2003
Ibnu Hajar, Ibnu, Pendekatan Holistik dalam Paradigma Pendidikan Islam, Jakarta : Pustaka Pelajar, 2001
JA Banks, Teaching Strategis for The Social Studies, New York : Longman, 1985
Jalil, Faisal dan Dedi Supriyadi (ed), Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah, Yogyakarta, Adi ciipta, 2001
Jerome S. Arcaro, Pendidikan Berbasis Mutu, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2007.
Joko Susilo, Muhammad, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan., Yogyakarta Pustaka Pelajar, 2007.
Kamisa, Kamus Lengkap Bahasa Indonnesia, Surabaya : Kartika, 1997.
Komariah, Aan dan Cepi Triana, Visionery Leader ship (Menuju Sekolah efektif), Jakarta ; Bumi Aksara, 2006.
Latifah, Ami, Andi Warisno, and Nur Hidayah, ‘Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di Ma Nurul Islam Jati Agung’, Jurnal Mubtadiin, 7.2 (2021), 107–8
Margono, S., Penelitian Pendidikan, Jakarta :Rineka Cipta, 1990.
M. Amin Thaib BR dan Sahrul S. Siregar, Standar Supervisi dan Evaluasi Pendidikan pada Madrasah Aliyah, Jakarta : Ditmapenda, 2005
Moleong, leoxy J., Metodologi Penelitian kualitatif, Dandung, Remaja Rosdakarya, 2000
Mujahir, Neong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta :Rekesaresan, 2000.
Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi, Bandung, Remaja Rosda Karya, 2004.
Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung :Rosda karya, 2002
Nasution, S., Metode Research, Jakarta :Bumi Aksara, 1996.
Norman K., Hand Book Of Quality Research,London : New Delhi, 1994.
Nurkholis, Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model dan Apikasi, Jakarta :Gramedia Widia sarana Indondesia, 2003.
Rachmawati, Ike Kusdiyah, Manajemen Sumber daya Manusia, Yogyakarta, ANDI, 2008.
Rifai, M. Moh. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Jammars, 1986
Rozikun, Ahmad dan Namaduddin, Strategi Perencanaan Manajemen Berbasis Madrasah, Jakarta :Listaferiska Putra, 2008.
Manajemen Berbasis Sekolah (Konsep Strategi dan Implementasi), Banduung, Rosdakarya, 2002
Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung :Alfabeta, 2005.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Peendidikan,Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2006.
Penmbelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta : Kencana Perdana Media Group, 2005.
Siagian, Sondang P., Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Bumi Aksara, 2008
Soebagio, MS., Manajemen Lagiistik, Jakarta : CV. Haji Mas Agung, 1988.
Sujana, Nana, dkk., Penelitiandan Penilaian Pendidikan, Bandung : Sinar Baru Algesindo, 2004.
Sukandi, Profil MAN 2 Metro, (Metro, MAN, 2008)
Surachmad, Winarno, Metode Penelitian, Bandung :Tarsito, 1990.
Surrya, Mohammad, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandung : Pustaka Bani QURAISY, 2004.
Sutisna, Oteng, Administrasi Pendidikan, Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional, Bandung : Angkasa, 1998
Tafsir, Ahmad, Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam, Bandung : Maestro, 2008.
Uliyah, Taqwatul, ‘Pola Pendidikan Dalam Islam Pada Masa Khulafaurrasyidin’, Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 7.1 (2021), 216–29
Umaidi, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Yogyakarta : Depdikbud, 1999.
Usman, Abu Bakar, Profil Manajemen Pendidikan Masa Depan, Makalah pada Penataran Manajemen Pendidikan Kepala MAN/MAS, tanggal 17 maret 2000.
Usman, Hasaini dan Purnomo Setiady, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta : Bumi Aksara, 2003.
Widjaja Tunggal, Amin, Manajemen Suatu Pengantar, Jakarta, Rineka Cipta, 1993.









