MANAJEMEN KELAS YANG EFEKTIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI MA HIDAYATUL MUBTADIIN

Authors

  • Shohib Hasan Universitas Islam An Nur Lampung

DOI:

https://doi.org/10.63761/jiel.v3i2.102

Keywords:

Manajemen Kelas, Pendidikan Islam, Prestasi Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen kelas yang efektif dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Aliyah (MA) Hidayatul Mubtadiin. Manajemen kelas yang baik menjadi kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, yang pada gilirannya dapat mendorong pencapaian prestasi akademik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi manajemen kelas yang melibatkan pendekatan berbasis nilai-nilai Islam, seperti disiplin, keteladanan, dan penguatan karakter, memberikan dampak positif terhadap motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Guru-guru di MA Hidayatul Mubtadiin menggunakan berbagai metode pengelolaan kelas, termasuk penggunaan media pembelajaran yang interaktif, pengaturan tempat duduk yang fleksibel, serta pemberian penghargaan dan sanksi yang adil berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Faktor-faktor pendukung seperti dukungan dari pihak sekolah dan keterlibatan orang tua juga berkontribusi dalam menciptakan suasana belajar yang efektif.

Namun, penelitian ini juga menemukan tantangan dalam penerapan manajemen kelas, seperti keterbatasan fasilitas dan perbedaan tingkat pemahaman siswa. Implikasi dari penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pelatihan berkelanjutan bagi guru dalam manajemen kelas serta perlunya kolaborasi yang lebih kuat antara sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Dengan pengelolaan kelas yang terstruktur dan berbasis nilai-nilai Islam, prestasi siswa diharapkan dapat meningkat secara signifikan.

References

Latifah, A. (2023). Strategi Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Karakter Islami Siswa. An-Najah: Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Agama, 02(05), 1–9. https://journal.nabest.id/index.php/annajah/article/view/365/233

Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055

Magdalena, I., Ardelia, E., Anggestin, T., Tri Agustin, J., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 238–246. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Maulia, S., & Purnomo, H. (2023). Peran Komunikasi Efektif Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD). Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 5(1), 25–39. https://doi.org/10.33654/pgsd

Muhammad Ramli Buhari, Jance Jacob Sapulete, Didik Cahyono, & N. (2019). Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di SMA Negri 1 Kampak Trenggalek. JEPEN?: Jurnal Pendidikan & Pengajaran, 2(1), 37–48.

Saridudin. (2024). Manajemen Kelas dalam Pembelajaran PAI di Madrasah (Studi Kasus MTsN 13 Tasikmalaya). Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 10(1), 77.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D / Sugiyono | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Sugiyono. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=911046

Yasin, A. N., Warisno, A., Apriyani, N., & Latifah, A. (2022). Pengaruh Pemberian Reward Dan Metode Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Di Ma Hidayatul Mubtadiin Desa …. Unisan Jurnal, 01(04), 36–41. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/651%0Ahttps://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/download/651/267

Downloads

Published

2023-12-31