Implementasi Kitab Ta’lim Muta’allim Dalam Pembentukan Etika Belajar ( Studi Kasus Pondok Pesantren Mukhtar Syafa’at Mesuji )
Main Article Content
Abstract
Kitab Ta'lim al-Mutta'alim adalah kitab yang membahas tentang etika belajar yang membahas tentang akhlak untuk meraih manfaat dan keberkahan ilmu. Santri Pondok Pesantren Mukhtar Syafa’at merupakan anak-anak yang memang mereka tujukan untuk tetap menjadi lebih baik lagi, namun pada kenyataannya sangat sulit untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi baik, sehingga kebiasaan buruk itu masih dilakukan ketika menjadi santri dan membutuhkan banyak pekerjaan rumah bagi pengurus pesantren untuk selalu membimbing santri menjadi pribadi yang baik sesuai dengan kebutuhannya. dengan ajaran Islam sesuai dengan isi kitab Ta'limul Muta'alim. Maka penelitian ini tentang: Implementasi Kitab Ta'limul Muta'alim dalam Pembentukan Etika Belajar di Pondok Pesantren Mukhtar Syafa’at Sukamukti Mesuji. Dalam penelitian ini akan dibahas bagaimana konsep pendidikan di pondok pesantren dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim yang kemudian akan diterapkan dalam kehidupan santri dalam menjalankan kehidupan sehari-hari khususnya dalam menuntut ilmu atau mengaji Qur'an.
Jurnal ini mengkaji implementasi kitab Ta'lim Al Muta'allim dalam pembentukan akhlak belajar siswa dengan jenis penelitian yang akan dibahas adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini digunakan, karena penulis mencoba, mengamati, melihat dan mengkaji penerapan kitab Ta'lim Al-Muta'allim dalam pembentukan akhlak belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Ta'lim Muta'alim memuat pendidikan akhlak yang berorientasi pada pembentukan akhlak belajar siswa.
Dari berbagai isi kitab ta'limul muta'alim tentang ilmu pengetahuan, sebagian besar berisi perbaikan akhlak yang harus dilakukan oleh santri dalam menuntut ilmu. Tujuan pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim yang diterapkan di Pondok Pesantren Mukhtar Syafa’at Sukamukti Mesuji adalah untuk membentuk kepribadian santri yang beradab, beretika. menuntut ilmu untuk menghasilkan ilmu yang bermanfaat dan barokah, bermanfaat bagi peserta didik
Article Details
References
A Kholik & A Mahruddin. “Konsep Adab Belajar Murid Dalam Kitab Ta ’ Lim Al-Muta ’ Allim.” Jurnal Sosial Humaniora 4, no. April (2017).
Abdul Kadir Aljufri. Terjemah Ta’lim Muta’allim. Surabaya: Mutiara Ilmu, 2012.
Aliy As’ad. Terjemah Ta’limul Muta’allim. Kudus: Menara Kudus, 2017.
Ardina Prafitasari. “Organisasi Kepemudaan yang Efektif dan Efisien dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Desa Darungan Kecamatan Wlingi.” Jurnal Transliterasi 4 (2016): 31–48.
Arifinur. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural.” Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, no. 11770006 (2017).
Beni Ahmad Saebani dan Abdul Hamid. Ilmu Akhlak. Bandung: Pustaka Setia, 2016.
Busiri, Achmad. “? etika murid dalam menuntut ilmu persepektif syaikh Az-Zarnuji (kajian kitab Ta’limul Muta’allim).” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2 (2020): 55–70.
Fahmi, Ahmad. “Etika Belajar Mengajar Menurut Imam Al- Ghazali ( Kajian Kitab Ihya ‘ Ulumuddin ) Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri.” Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan, 2018.
Iwan Ridwan & Abdurohim. “Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta ’ lim Al - Muta ’ allim Terhadap Pembentukan Etika Belajar Santri Pondok Pesantren Ath-Thohariyah Desa Sindanghayu Kecamatan Saketi Kabupaten Pandeglang.” JAWARA: Jurnal Pendidikan Karakter 8, no. 1 (2022).
Lailial Muhtifah, Zaenuddin, Nurhamzah. Model Pemberdayaan Mutu Pondok Pesantren Sebagai Pusat Studi Masyarakat. Pontianak, Kalimantan Barat: IAIN Pontianak Press, 2015.
Maisarah. “Internalisasi nilai etika belajar kitab ‘ta’lim al - muta’allim’ pada santriwati di pondok pesantren al-falah puteri banjarbaru.” Institut Agama Islam Negeri Antasari Pascasarjana Banjarmasin, 2016.
Monalisa Tumanduk, Agustinus, Jones Tompodung. “Implementasi Fungsi Partai Politik Sebagai Sarana Rekrutmen Politik Pada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Minahasa Selatan.” Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi 2, no. 1 (2019): 9–25.
Muhammad Dian Zaynul Fata Nidhoruddin. “Implementasi Etika Belajar dalam Perspektif Pendidikan Islam ….” Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 8 nomor 3 (2018).
Muhin Munir. “Implementasi Pembelajaran Akhlak Dengan Kitab Ta ’ Lim.” al-Bahtsu 7, no. 2 (2021): 149–61.
Rahmat, Diding. “Implementasi Kebijakan Program Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu Di Kabupaten Kuningan.” UNIFIKASI?: Jurnal Ilmu Hukum 4, no. 1 (2017): 35–42. https://doi.org/10.25134/unifikasi.v4i1.478.
Raihan. Metodologo Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta, 2017.
Rosyad, Ali Miftakhu. “Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 5 (2019): 173–90.
Sugiarto Widodo. “Implementasi Nilai-Nilai Kitab Ta’limul Muta’allim pada Pembelajaran Dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Darusy Syafa’ah Kotagajah Lampung Tengah.” Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, 2019.
Usman Sutisna. “Etika belajar dalam islam.” Jurnal Ilmiah Kependidikan 7, no. 1 (2020): 49–58.
Widianti. “implementasi pendidikan agama islam dalam membangun nilai-nilai religius pada peserta didik smp muhammadiyah 3 metro.” Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019.